Kamis, 15 Juli 2010

PRODUK DAN LAYANAN

PRODUK DAN LAYANAN

Penghimpunan Dana (Funding)

  • Prinsip Titipan (Wadiah)
    • TAWAKAL (Tabungan Wadiah BMT AL-HIDAYAH)
      Merupakan simpanan dari mitra yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat. Tabungan ini menggunakan prinsip wadiah /titipan. Dalam tabungan ini BMT AL HIDAYAH tidak wajib memberikan hasil kepada penabung. BMT AL HIDAYAH boleh memberikan bonus setiap bulan sesuai dengan kebijakan BMT AL HIDAYAH.

  • Prinsip Bagi Hasil
    • TABAH (Tabungan berjangka AL-HIDAYAH)
      Merupakan tabungan / investasi dengan menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah yang penarikannya dapat dilakukan sesuai dengan jangka waktu yang dikehendaki. Pilihan jangka waktu yang dapat dipilih adalah: 3 Bulan dengan nisbah 25% (mitra): 75% (BMT), 6 Bulan dengan Nisbah 30% mitra: 70% (BMT), 9 Bulan dengan nisbah 35%(mitra): 65% (BMT) dan 12 bulan dengan nisbah 40% (mitra): 60% (BMT).

    • SIDIK (Simpanan Pendidikan)
      Yaitu bentuk simpanan yang alokasi dananya diperuntukan untuk dana pendidikan bagi putra-putri mitra. Penarikan dapat dilakukan dua kali dalam satu tahun, pertama pada saat ajaran baru, kedua pada saat semester. Simpanan dengan prinsip mudharabah mutlaqah ini akan mendapat bagi hasil setiap bulan dengan nisbah 20% (mitra): 80% (BMT).

    • Simpanan Idul Fitri
      Yaitu simpanan yang direncanakan untuk keperluan idul fitri. Penarikan dilakukan satu kali menjelang idul fitri. Simpanan ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah sehingga akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan sesuai dengan nisbah 20% (mitra): 80% (BMT).

    • Simpanan Qurban
      Yaitu simpanan yang diperuntukan untuk keperluan pembelian hewan qurban. Penarikan dilakukan satu kali menjelang ibadah qurban. Simpanan ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah sehingga akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan sesuai dengan nisbah 20% (mitra): 80% (BMT).

    • Simpanan Nikah
      Yaitu simpanan yang diperuntukan bagi mereka yang merencanakan pernikahan. Penarikan dilakukan satu kali, satu bulan menjelang pernikahan. Simpanan ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah sehingga akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan sesuai dengan nisbah 20% (mitra): 80% (BMT).

    • Simpanan Haji
      Yaitu simpanan yang diperuntukan bagi mereka yang merencanakan untuk menunaikan haji. Penarikan dilakukan satu kali. Simpanan ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah sehingga akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan sesuai dengan nisbah 20% (mitra): 80% (BMT).

Penyaluran Dana (Lending)

  • Pembiayaan Mudharabah
    Yaitu akad kerjasama antara BMT selaku pemilik modal (Shahibul Maal) dengan mitra selaku pengelola usaha (mudharib) untuk mengelola usaha yang produktif dan halal. Dan hasil keuntungan dibagi sesuai dengan nisbah yang disepakati kedua belah pihak.

  • Pembiayaan Musyarakah
    Yaitu akad kerjasama usaha produktif dan halal antara BMT dengan mitra dimana sumber modalnya dari kedua belah pihak. Keuntungan dibagi sesuai dengan nisbah yang disepakati kedua belah pihak. Sedangkan kerugian ditanggung kedua belah Pihak sesuai dengan porsi modal masing-masing.

  • Piutang Murabahah
    Yaitu akad jual beli barang antara mitra dengan BMT AL HIDAYAH dengan menyatakan harga perolehan/harga beli/ harga pokok ditambah keuntungan/margin yang disepakati kedua belah pihak. BMT membelikan barang-barang yang dibutuhkan mitra atau BMT memberi kuasa kepada mitra untuk membeli barang-barang kebutuhan mitra atas nama BMT. Lalu barang tersebut dijual kepada mitra dengan harga pokok ditambah dengan keuntungan yang diketahui dan disepakati bersama dan diangsur selama jangka waktu tertentu.

  • Piutang Ijarah
    Yaitu akad sewa menyewa barang atau jasa antara BMT AL HIDAYAH dan mitra. BMT AL HIDAYAH menyewakan jasa atau barang kepada mitra dengan harga sewa yang telah disepakati dan diangsur selama jangka waktu tertentu.

Manfaat Menabung di BMT AL-HIDAYAH

Ada banyak manfaat menabung di BMT AL-HIDAYAH, diantaranya adalah :

  • Membantu program keuangan mitra
  • Aman dan menentramkan, karena berdasarkan syari’ah
  • Memperoleh bagi hasil (bonus) setiap bulan
  • Dapat dijadikan sebagai jaminan untuk pembiayaan
  • Ta'awun / saling tolong menolong, karena dana tersebut akan disalurkan untuk pembiayaan kepada mitra lain

BMT AL-HIDAYAH

BMT AL-HIDAYAH
(BAITUL MAL WA TAMWIL )

http://www.kbmtal-hidayah.blogspot.com

email: al-hidayah_ciburial@yahoo.com

HP : 085224008220

CP : DULYANI,S.Pd.I

SEKERTARIAT : Kp.Ciburial Kavling Ds. Margajaya RT 03 RW 15 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat 40552

Tidak ada komentar:

Posting Komentar